BAB 7
PEMASARAN
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
• Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
• Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Faedah adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan
Ada lima macam faedah : faedah bentuk, faedah waktu, faedah tempat,faedah milik, faedah informasi.
Dari kelima faedah tersebut, kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah , yaitu : faedah waktu, faedah tempat,faedah milik, faedah informasi.
1. Faedah waktu
Faedah waktu dapat diciptakan dengan menyediakanproduk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinnya.
2. Faedah tempat
Menyadiakan produk pada tempat yang strategis
3. Faedah milik
Mempersiapkan pemindahan milik dari penjual kepada pembeli
4. Faedah informasi
Memberikan informasi tentang penawaran suatau produk kepada konsumen
• Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
• Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
o Pendekatan serba fungsi
o Pendekatan serba lembaga
o Pendekatan serba barang
o Pendekatan serba manajemen
o Pendekatan serba system
• Pendekatan Serba Fungsi
Fungsi pokok pemasaran :
1. Penjualan
Merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju
2. Pembelian
Bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu
3. Pengangkutan
Merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan
4. Penyimpanan
Merupakan fungsi menyimpan barang-barangpada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan
5. Pembelanjaan
Merupkan fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran
6. Penanggungan Resiko
Merupakan fungsi menghindari dan mengurangi riiko yang berkaitan dengan pemaaran barang
7. Standarisasi dan Grading
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufaktur, kadang-kadang juga disebut normalisasi
Grading adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam standard kualitas yang telah yang telah mendapat pengangkutan dunia perdagangan
8. Pengumpulan Informasi Pasar
Mengumpulkan dan menafsirkan ketrangan-keterangan tentang macam barang yang beredar dipasaran
• Pendekatan Serba Lembaga
Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran
• Pendekatan Serba Barang
Merupakan pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagiman barng-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri
• Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil
• Pendekatan Serba Sistem
Pendekatan serba sistem atau pendekatan sistem total ini mencakup elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempat pendekatan dimuka
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Untuk mengtur kegiatan-kgiatan dengan baik, manajer harus komposisi struktur organisasinya. Struktur organisasi pemasaran bagi sebuah perusahaan tidak selalu sama dengan perusahaan lainnya, tergantung pada kondisi yang ada maupun tujuan yang akan dicapai.
PASAR
• Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keionginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya
• Macam-macam Pasar
Dikelompokkan kedalam 4 golongan :
1. Pasar konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan
2. Pasar industri
Terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi
3. Pasar penjual
Terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual lagi
4. Pasar pemerintah
Pasar dimana tedapat lembaga-lembaga pemerintah, seperti : departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas, dan instansi lain
• Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan –satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen
MARKETING MIX DAN PRODUK
• Pengertian Marketing Mix
Marketing mi adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan system distribusi
• Pengertian Barang
Barabng atau produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba. Termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahan dan pengecer, yang diterima oleh pembeliuntuk memuaskan kbutuhan atau keinginannya
• Penggolongan Barang Menurut Tingkat Pemakaian Dan Kekongkritannya
1. Barang tahan lama
Secara normal barang yang dapat dipakai berkali-kali, jadi dapat dipakai untuk jangka waktu yang relatif lama
2. Barang tidak tahan lama
Barang yang hanya dapat dipakai satu kali atau beberapa kali saja
3. Jasa
Jasa adalah kegiatan, manfaat, atau kepuasan yang ditawrkan untuk dijual. Jasa dimasukkan sebagai barang yang tidak konkrit atau tidak kentara
• Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. barang konsumsi
barang konsumsi adalh barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsikan. Dibagi menjadi tiga golongan :
a. barang konvenien
barang yang mudah dipakai
b. barang shopping
barang yang harus dibeli dengan mencari dahulu dan didalam membeliny harus dipertimbngkan dengan masak-masak
c. barang spesial
barang yang mempunyai cirri khas, dan hanya dapat dibeli di tempat tertentu saja
2. barang industri
barang industri adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi
a. bahan baku
bahan baku merupakan bahan pokok untuk membuat barang lain
b. komponen dan barang setengah jadi
merupakan barang-barang yang sudah masuk kedalam proses produksi dan diperlukan untuk melengkapi produk akhir
c. perlengkapan operasi
barang-barang yang dapat digunakkan untuk membantu lancarnya proses produksi
d. instalasi
alat produksi utama dalam sebuah perusahaan yang dapat dipakai dalam waktu lama
e. peralatan ekstra
alat-alat yang dipakai untuik membantu instalasi
• Siklus Kehidupan Barang
Seperti halnya manusia, barang juga memiliki siklus kehidupn/umur yang terdiri atas terdiri atas beberapa tahap sejak barang dipekenalkan sampai tidak lagi terdapat dipasaran, ini disbut sebagai siklus kehidupan barng.
Siklus kehidupn barng ini terdiri atas lima thp yang bebeda-beda. Tahap-tahp trsebut adalah :
1. Tahap perkenalan
Pada tahap ini barang mulai dipasarkan
2. Tahap pertumbuhan
Dalam tahap pertumbuhan ini kurva penjualan semakin mningkat dengan cepat
3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
Pada tahap kedewasaan dapat dilihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada pada tahap berikutnya tetap bahkan cenderung untuk turun. Dalam tahap-tahap ini tingkat laba mulai menurun, dan persaingan sangat ketat. Usaha periklanan mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan
4. Tahap kemunduran
Dalam tahap ini penjualan semakin menurun dan labanya juga menurun, bahkan menderita rugi
• Merk
Merek atau brand adalah suatu nama, istilah simbul, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh psaing
SALURAN PEMASARAN
• Pengertian Saluran Distribusi
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri
• Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Dalam pemilihan alternatif saluran distribusi, produsen harus dapat mengkompromikan beberapa tujuan yang berbeda. Oleh karna itu dapat terjadi adanya penggunaan beberapa saluran pada saat yang sama
• Saluran Diatribusi Ganda
Sering juga dipakai untuk mencapai pasar yang sama meskipun terdapat beberapa perbedaan, terutama dalam : jumlah pembeli atau kepadatan pasarnya.
• Perantara Saluran
Jenis-jenis perantara penyaluran : pedagang besar, pengecer, agen
• Pedagang Besar
Penggolongan pedagang besar :
1. Pedagan besar dengan fungsi penuh
2. Pedagang besar dengan funsi terbatas
Pedang besar merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembelian barang dal;am jumlah besar untuk dijual lagi.
• Pengecer
Penjual akhir
• Agen
Perantara agen atau yang disebut agen ini sering berkecimpungdlam kegitan perdagangan besar. Namun dalam menajalankan fungsinya, mereka tidak mereka tidak mmpunyai hak milik atas barng-barng yang diperdagangkan. Jadi, meskipun mereka menjalankan kegiatan perdgangan besar tetapi pada umumnya mreka tidak dimasukkan kedalam katgori pedgang.
Jenis-jenis agen :perantara agen atau yang disebut agen ini
1. Agen penjualan, yang mempunyai tugas utma mencarikan pasar bagi produsen
2. Agen pembelian, mencarikan penyedia atau supplier
3. Agen pengangkutanmengirim barang
• Jumlah Perantara dalam Saluran
1. Distribusi intensif
2. Distribusi selektif
3. Distribusi ekslusif
• Distribusi Fisik
Istilah distribusi fisik digunakan untuk menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tmpat tertentu pada sata tertentu.
PENENTUAN HARGA
• Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
• Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
1. Keadaan perekonomian
2. Penawaran dan permintaan
3. Elastisitas permintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan perusahaan
7. Pengwasan pemerintah
• Metode-metode Penetapan Harga
1. Penetapan biaya harga plus (cost-plus pricing method)
BIAYA TOTAL + MARJIN = HARGA JUAL
2. Penetapan harga mark-up (mark-up pricing method)
HARGA BELI+MARK UP = HARGA JUAL
3. Penetapan harga break-even (break-even pricing)
4. Penetapan harga dan hubunganyya dengan pasar
• Politik Penetapan Harga
1. Penetapan harga psikhologis
Diterapkan kepada tingkat pengecer
2. Price lining
Digunakan oleh pengecer
3. Potongan harga
Pengurangan harga
4. Potongan musiman
Pomotongan dilakukan pada musim tertentu
5. Penetapan harga geografis
Beban kepada pembeli
PROMOSI DAN PERIKALANAN
• Promosi
Promosi merupakan salah satu ariabel marketing mix yang digunakan perusahaan untuk mengdakan komunikasi dengan pasarnya
• Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melelui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non laba, serta individu-individu
PERSOALAN SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
• Personal Selling
Personal selling adalah interksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntunkan dengan pihak lain.
• Promosi Penjualan
Merupkan suatu kegiatan dalam promosi
• Publisitas
Publisitas merupakan salah satu hubungan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan melainkan berita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar